Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat Datang Di Situs Kami
Bismilahirrahmanirrahim
Tafsir Mimpi atau Arti mimpi ini Sebagian Besar Di ambil dari Kitab Ta'bir Ru'yah Shoghir karya Ulama Besar Syekh Muhammad Bin Sirrin. Disertai Dengan Contoh dan Kisah nyata dari berbagai Sumber Semoga Bisa Bermanfaat. Serta Artikel artikel Islami, Semoga Menambah Hasanah Ke Islaman Kita... Amin
Home » » Yang Wajib Dipakai Seorang Wanita

Yang Wajib Dipakai Seorang Wanita

Posted by KUMPULAN ILMU DAN CERITA on Sabtu, 29 Oktober 2016

Bab 8
Yang Wajib Dipakai Seorang Wanita

Tidak kita ragukan bahwasanya wajib bagi seluruh wanita musli­mah untuk memakai perhiasan yang telah diwajibkan oleh Allah dan Rasul. Apa dan bagaimana perhiasan yang wajib dipakai oleh wanita muslimah? Jawabnya:

1. Memakai Jilbab

Salah satu bentuk penghormatan Islam yang paling agung terhadap wanita adalah apa yang Allah wajibkan kepada mereka untuk mema­kai jilbab. Allah telah mewajibkan kepada seluruh wanita muslimah yang telah mencapai usia baligh untuk memakai jilbab. Hal ini ber­dasarkan dalil-dalil sebagai berikut49:

1.1 Dalil al-Qur'an Allah berfirman:



"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: "Hendak­lah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mu­dah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penya­yang." (QS al-Ahzab [33J: 59)

Ayat ini adalah dalil yang paling tegas bahwasanya wajib bagi wanita muslimah untuk memakai jilbab. Perintah memakai jilbab adalah dari Allah, sehingga ocehan sebagian kalangan bahwa jilbab hanya­ lah kebudayaan wanita Arab karena mereka tinggal di daerah panasadalah sebuah kedustaan nyata dan tindakan kekufuran yang berba­haya!! Wallahul Musta'an.
Contohlah apa yang dilakukan oleh para wanita generasi sahabat!Ketika ayat di atas turun, mereka tanpa pikir panjang langsung me­makai jilbab menerima dan patuh terhadap kewajiban yang Allah

perintahkan.Ummu Salamah RA menuturkan, "Ketika turun firman Allah 'Hen­daklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka' (QS.al-Ahzab [33J: 59) maka para wanita kaum Anshar keluar dari rumahmereka seolah-olah di kepada mereka ada burung gagak hitam kare­na kainkerudung mereka."50 Aisyah RA.berkata, "Semoga Allah merahmati para wanita kaum Muhajirin yang pertama, ketika turun firman Allah 'Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya' (QS an-Nur [24J: 31)maka mereka menyobek kain gorden-dalam riwayat yang lain: kain yang tebal-kemudian mereka menjadikannya sebagai kerudung."51

1.2 Dalil al-hadits

Ketika Rasulullah SAW memerintah para wanita pergi ke tempat pelaksanaan shalat Id, para wanita berkata kepada Rasulullah SAW "Wa­hai Rasulullah, salah seorang di antara kami ada yang tidak memiliki jilbab." Maka Rasulullah SAW bersabda:


"Hendaklah saudarinya memakaikan (meminjamkan)jilbabnya kepadanya."52

Segi perdalilan dari hadits ini bahwa kebiasaan di kalangan para istri sahabat adalah memakai jilbab ketika keluar rumah. Rasulullah SAW juga bersabda:

"Dua kelompok penghuni neraka yang belum pernah aku lihat. (Yang pertama) sekelompok kaum yang mem­punyai pecut seperti buntut sapi, dengannya mereka memukul manusia. Kemudian (yang kedua) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berjalan dengan berleng­gak-Ienggok, kepala mereka bagaikan punuk unta yang h miring, mereka tidak masuk surga dan tidak pula men­dapati baunya, padahal baunya surga dapat dicium dari jarak sekian dan sekian."53

1.3 Dalil ijma'

Para ulama telah sepakat bahwa wanita muslimah wajib memakai jil­bab.54

Imam an-Nawawi berkata, "Kaum muslimin telah sepakat bahwa wanita terlarang menampakkan wajahnya ketika keluar rumah."55

Imam Ibnu Hazm mengatakan, "Para ulama telah sepakat bahwa rambut wanita dan badannya selain wajah dan tangannya adalah au­rat.,,56

Jika perkaranya telah jelas bahwa jilbab adalah sebuah kewajibanyang tidak bisa ditawar-tawar, maka apakah kita masih berani untuk

meninggalkan kewajiban ini atau malah mencari-cari alasan agar ke­wajiban jilbab ini bisa menjadi gugur?! Demi Allah, wahai saudariku,

seorang muslim bukanlah yang merasa berat ketika ada perintah dan seruan dari Allah, namun seorang wanita muslimah yang sejati ada­lah yang selalu menjawab dan menyambut seruan perintah Allah dan Rasul-Nya. Allah berfirman:


"Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ketahui­lah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manu­sia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya-Iah kamu akan dikumpulkan." (QS al-Anfal [8]: 24)

2. Keutamaan Memakai Jilbab

Sangat banyak keutamaan memakai jilbab. Di antaranya57

2.1 Sebagai bentuk ketaatan kepada Allah

. Allah dan Rasul-Nya. Allah berfirman:

"Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan ti­dak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan me­reka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Ra­sul-Nya maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata." (QS al-Ahzab [33]: 36)
sungguh Allah telah memerintah para wanita muslimah untuk. makai jilbab sebagaimana yang telah kami sebutkan. Wahai ukhtiudari) muslimah, ketahuilah bahwa seorang wanita adalah aurat, 'tu wajib baginya untuk menutup seluruh tubuhnya selain yang di­ualikan. Abdullah bin Mas'ud 4jl;, berkata, "Sesungguhnya wanita adalah aurat. Paling dekatnya wanita kepada Allah adalah bila ia ber­ada di dalam rumahnya."58

Imam al-Khaththabi mengatakan, "Para wanita diperintahkan untuk memakai hijab dan tertutup."59
2.2 Bukti keimanan

Tidaklah Allah menyerukan perintah memakai jilbab kecuali ke­pada para wanita mukminah. Firman-Nya:

"Dan istri-istri orang mukmin." (QS al-Ahzab [33]: 59)

Firman-Nya juga:


"Katakanlah kepada wanita yang beriman." (QS an-Nur [24]: 31)

Sekelompok wanita dari Bani Tamim menemui Ummul Mukmi­nin Aisyah RA dan mereka memakai pakaian yang tipis. Maka Aisyah ra berkata, "Jika kalian para wanita yang beriman, maka pa­kaian yang seperti ini bukanlah pakaian wanita beriman. Namun, jika kalian wanita yang tidak beriman, maka bersenang-senanglah dengan pakaian itu.,,60

Maka memakai jilbab adalah bukti nyata bagi wanita beriman, se­dangkan meninggalkan jilbab salah satu tanda kurangnya keimanan seseorang!

2.3 Merupakan lambang kesucian

Allah telah menyebutkan bahwa di antara hikmah perintah jilbab adalah sebagai lambang kesucian seorang wanita.Allah berfirman:

"Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada me­reka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang ta­bir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka." (QS al-Ahzab [33]: 53)

Allah menegaskan dalam ayat ini bahwa hijab adalah lebih suci bagi hati kaum mukminin dan mukminat. Lantas masih adakah yang me­ragukan kewajiban ini?!

2.4 Jilbab menjaga kehormatan


Islam menganjurkan seluruh umatnya agar menjaga kehormatan diri, terutama bagi kaum hawa yang mana kehormatan dirinya ada­lah barang berharga yang harus dijaga. Allah berfirman:


"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: "Hendak­lah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mu­dah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penya­yang." (QS al-Ahzab [33]: 59)

Ayat yang mulia ini menunjukkan bahwa gangguan itu akan datang bila mereka tidak memakai hijab, karena bila para wanita tidak me­makai jilbab, maka mereka akan disangka wanita yang tidak terjaga kehormatannya. Oleh karenanya, janganlah engkau nodai kehormat­anmu dengan meninggalkan jilbab!

Mintalah selalu kepada Allah agar kita bisa menjaga kesucian diri

sebagaimana untaian do'a yang diajarkan oleh Nabi SAW

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk, ke­taqwaan, kesucian, dan kecukupan."61

2.5 Jilbab adalah penutup aurat


Allah mengabarkan tentang nikmat pakaian sebagai penutup aurat badan. Firman-Nya:



"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakai­an indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan me­reka selalu ingat." (QS al-A'raf [7]: 26)

Allah juga berfirman62:

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di seti­ap (memasuki) masjid." (QS al-A'raf [7]: 31)

Imam ar-Razi mengatakan, "Para ahli tafsir telah sepakat bahwa maksud 'perhiasan' di sini adalah memakai pakaian yang menutup aurat."63

Maka jilbab yang engkau pakai, wahai wanita muslimah, adalah sebuah nikmat yang harus disyukuri. Dengan memakai jilbab eng­kau mendapat pahala yang berlipat ganda, menjalankan perintah Allah dan menutup aurat.

Baca BAB 7 : Etika Berhias Wanita Muslimah
Baca BAB 6 : Larangan Menampakkan Perhiasan Kepada Laki-Laki Yang Bukan Muhramnya
Baca BAB 5 : Hukum Wanita Berhias
Baca BAB 4 : lslam Cinta Kebersihan dan Keindahan
Baca BAB 3 :
Baca BAB 2 : Urgensi llmu Agama Bagi Wanita Muslimah
Baca BAB 1 :  Muqaddimah Penulis

Thanks for reading & sharing KUMPULAN ILMU DAN CERITA

Previous
« Prev Post

Popular Posts

Labels

Translate

free counters